RestaurantTory'S Guide

10 BPK Terenak di Jakarta yang Bikin Nagih, Cobain Yuk

by Anindita Budhi | November 28, 2022

10 BPK Terenak di Jakarta yang Bikin Nagih, Cobain Yuk

Jika kamu penyuka babi panggang, wajib banget nyobain babi panggang Karo atau BPK. Masakan khas Batak Karo ini banyak dijumpai di Jakarta sebagai obat rindu para perantau dengan masakan tanah kelahirannya.  

Cara pemanggangan unik, irisan lebih halus, dan disajikan bersama daun singkong, kuah, dan sambal andaliman  bikin masakan ini mudah disukai. Sekali coba dijamin doyan! 

Tentu buat yang baru pertama coba, mesti tau mana aja BPK terenak di Jakarta. Ini dia daftarnya. 

1. BPK KDKD (BABI PANGGANG KARO)

Salah satu babi panggang terenak di Jakarta ada di BPK KDKD. Babi panggang Karo di sini memiliki aroma smokey yang cukup kuat. Apalagi saat disantap bareng sambal yang pedasnya nendang. 

Sayur singkong dan tumbuk berikut sopnya makin melengkapi kenikmatan makan BPK. Dengan lokasi di tepi jalan besar, rumah makan BPK ini rame banget saat jam makan siang. Jangan lupa pesan Badak dingin biar makin nikmaaaattt.

Photo source: Elizabeth Warouw 

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.19, Cempaka Baru, Kemayoran

2. Rumah Makan Panggang Karo Deli Mbaru

Babi panggang terenak di Jakarta berikutnya ada di Rumah Makan Panggang Karo Deli Mbaru. BPK di sini memiliki potongan cukup besar. Dagingnya pun nggak kering, terasa juicy banget, dengan hint rasa manis.

Cobain juga Saksang yang dimasak dengan bumbu khas Batak Karo dan andaliman, pedasnya bikin nagih. Oh, jangan lewatin Mie Goreng juga ya karena rasanya makin spesial berkat daging babi yang generous! 

Photo source: Fendy K. 

Lokasi:  Jl. TB Simatupang No. 10, Susukan, Ciracas

3. Rumah Makan BPK Nangin Milala

Kalau mampir ke Rumah Makan BPK Nangin Milala, emang mesti siap-siap bersantap sambil kegerahan. Meski cukup nyaman makan di tempat, pedas sambalnya cukup nendang sampai nggak sadar keringetan. 

Rasa BPK gurih agak manis, dan minyaknya mendesak keluar saat kamu menggigit potongan daging. Terasa autentik, nggak bau amis sama sekali, plus mudah dikunyah. Sambal andaliman nggak ada lawan, sayuran nggak pahit, kuahnya pun gurih. Asli enak banget!

Photo source: Aldo Widarta 

Lokasi:  Jl. Tj. Duren Barat 1 No.3A, Tj. Duren Utara, Grogol Petamburan

4. BPK Ginka

Di BPK Ginka ada empat pilihan porsi BPK, yaitu reguler, jumbo, 250 gram, dan 1 kg. Udah komplit dengan daun singkong juga yang jadi temen wajib makan BPK. Dagingnya sendiri jenis yang cukup berlemak dengan aroma asap yang menggiurkan. 

Kalau kamu sering merasa aneh dengan darah yang dimasak, cicipi dulu darah versi BPK Ginka, ternyata enak! Oya, area makannya juga ada tanpa AC dan dengan AC. Jadi, lebih nyaman deh buat menikmati BPK terenak di Jakarta. 

Photo source: Hendrik Ronald 

Lokasi:  Jl. Letjen Suprapto No. 28, Cempaka Baru, Kemayoran

5. RM BPK Andika 

Beda orang beda selera. Biarpun sama-sama BPK, boleh aja dong orang bilang babi panggang paling enak di Jakarta ada di RM BPK Andika. Dengan porsi cukup bikin kenyang, aroma panggang babinya menggoda banget. 

Kuah yang disajikan bersama juga sedap. Plus, sambal andaliman segar yang kasih citarasa pedas sempurna. Jangan bilang penyuka BPK kalau belum mampir sini. 

Photo source: Bhirawa Septariyanto

Lokasi:  Jl. Bangunan Barat No.3, Kayu Putih, Pulo Gadung

6. BPK Lapo Familinta

Ini salah satu pecahan lapo eks Lapangan Tembak Senayan dengan aneka masakan Batak yang jarang ditemui di lapo sejenis, terutama masakan Batak Toba dan BatakKaro. 

BPK tentu jadi favorit dengan rasa pas di lidah yang nikmat. Bener-bener mengingatkan dengan masakan di kampung. Dengan harga standar rumah makan di Jakarta, kamu bisa mencicipi menu Batak lain sampai kenyang. 

Photo source: Tere Liye 

Lokasi:  Jl. Panjang No.2 B, Kedoya Sel., Kb. Jeruk

7. Lapo Marpadotbe

BPK terenak di Jakarta berikutnya datang dari rumah makan Batak legendaris, yaitu Lapo Marpadotbe. Menyajikan makanan Batak, kamu bisa mendapati aneka masakan yang terjaga citarasa keasliannya. 

Ruangan restoran terbagi dua, lengkap dengan suasana dapur terbuka yang cukup menarik. Aroma asap pada babi panggangnya bikin ketagihan, ditemani sepiring nasi putih hangat dan daun singkong. Sambalnya emang nggak sepedas lapo lain, tetapi berhasil melengkapi rasa dagingnya. 

Photo source: Maria Asri 

Lokasi:  Jl. Jenderal Ahmad Yani No.26, Utan Kayu Sel., Matraman

8. Lapo Ni Tondongta

Nggak butuh waktu lama sejak pesanan dicatat, kamu akan menyambut BPK dan saksang di meja saji Lapo Ni Tondongta. Daging babi panggang dihidangkan bersama potongan timun dan irisan jeruk nipis segar. Dagingnya pun masih hangat, pas disantap bareng nasi dan sup yang bikin perut nyaman. 

Sayuran lain pun diantar dalam keadaan segar, lengkap dengan sambal andaliman yang bikin nambah nasi terus. Pastikan kamu pesan minuman Badak ya buat "membersihkan" mulut usai menyantap daging babi berlemak. 

Photo source: Ridwan Luwia 

Lokasi:  Jl. Pramuka No.12A, Utan Kayu Utara, Matraman

9. Lapo Siagian Boru Tobing

Lapo Siagian Boru Tobing menghadirkan tempat makan luas dengan ruangan ber-AC dan non-AC, lengkap dengan hiburan musik untuk mereka yang suka bernyanyi. Urusan BPK bener-bener dianggap serius karena BPK di sini enak banget.

Nggak cuma BPK, tetapi juga masakan Chinese dan es krim durian yang siap mengisi perutmu. Soal dagingnya, cukup empuk, sedikit renyah, plus terasa racikan bumbu ala Batak yang kuat. Sambal andaliman yang disajikan juga super joss! Mampir ke sini ya!

Photo source: KK L 

Lokasi:  Di Seberang Plaza Crystal, Jl. K.H. Mas Mansyur No.12, Karet Tengsin, Tanah Abang

10. BPK Sinabung

Sedikit melipir ke Tangerang Selatan, ada BPK Sinabung yang menghidangkan salah satu BPK terenak di Jakarta. Tempat makannya pun cukup luas, bersih, dan nyaman untuk bersantap dengan keluarga. 

Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan tempat lain, tetapi porsi yang disajikan cukup besar. BPK Jumbo misalnya, bisa untuk sharing berdua lho. Rasa dagingnya pun enak, sedikit manis, udah termasuk daun singkong, sambal, dan kuah. Di sini kamu juga bisa mencicipi minuman kopi dengan berbagai biji kopi lokal pilihan, seperti Gayo, Mandailing, dan Lintong. 

Photo source: Julian Azwar 

Lokasi: Jl. Letnan Sutopo No.1, Lengkong Gudang Timur, BSD City

Itu dia 10 BPK terenak di Jakarta yang bisa jadi referensi petualangan kuliner kamu selanjutnya. Mau coba yang mana dulu nih?

More in RestaurantTory Recipes >>