Food

Mesti Cobain! Ini 15 Makanan Khas Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022

by Anindita Budhi | November 29, 2022

Mesti Cobain! Ini 15 Makanan Khas Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Berbeda dengan penyelenggaraan Piala Dunia sebelumnya yang diadakan bulan Juni atau saat musim panas, FIFA World Cup 2022 dihelat pada musim dingin lantaran bertempat di Qatar. Ya, salah satu negara kaya dunia ini tengah mengadakan ajang sepakbola paling prestisius di muka bumi. 

Sontak perhatian dunia pun mengarah pada negara Timur Tengah ini, tak terkecuali penggemar kuliner yang penasaran dengan makanan khas Qatar. Mengingat penduduk Qatar didominasi muslim, kehalalan makanan yang disajikan udah terjamin. Selagi gema Qatar World Cup sedang ngehip, apa aja sih kuliner Qatar yang mesti kamu coba?

Kekhasan Makanan Khas Qatar

Salah satu ciri makanan khas Qatar adalah dominasi pemakaian rempah-rempah dalam setiap hidangannya. Hal ini wajar mengingat Qatar banyak melakukan perdagangan dengan negara-negara di kawasan Timur Tengah, seperti Iran, India, dan Oman. 

Sebagian besar makanan khas Qatar nggak beda jauh dengan makanan khas Arab Saudi atau negara di Semenanjung Arab lain. Itu sebabnya, untuk cobain kuliner Qatar di Indonesia, cara termudah adalah mampir ke restoran Arab

Namun, rempah yang dipakai berbeda dengan rempah dalam masakan Indonesia. Contoh, loomi atau jeruk nipis kering atau  saffron yang berwarna kuning. Lalu, rempah lain yang cukup dominan adalah cengkih, jinten, kapulaga, kunyit, dan kayu manis. 

Perlu dicatat, karena wilayah Qatar menempati daerah gurun, makanan segar semacam sayuran dan buah relatif sulit diperoleh. Ini menjelaskan mengapa kuliner Qatar berbasis produk hewani, seperti domba, kelinci, kambing, dan burung houbara, serta seafood. 

Photo source: @travelidealea

Makanan Khas Qatar yang Mesti Dicoba

Lantas, apa aja sih makanan khas Qatar yang mesti kamu cobain? Jika suatu hari berkesempatan berkunjung ke Qatar, siapkan lidahmu untuk berpetualang rasa mencicipi deretan kuliner berikut. 

1. Harees

Sejenis bubur ala Qatar yang menggunakan barley atau gandum dan potongan daging sebagai bahan utama. Proses masak harees memakai wadah tanah liat dan dilakukan dalam waktu lama. 

Ini membuat teksturnya lebih kental dan bikin perut lebih kenyang. Konon, Nabi Muhammad Saw. sangat menyukai harees dan menjadikannya sebagai makanan berbuka puasa.

Photo source: @victorbellot_photographie

2. Majboos

Makanan nasional Qatar yang menjadi hidangan utama, menggunakan nasi basmati dan potongan daging domba atau ayam. Jika memakai ayam, umumnya memakai bagian sayap dan paha. 

Majboos memiliki aroma dan rasa rempah-rempah yang menonjol, antara lain kapulaga, cengkih, ketumbar, jinten, kunyit, jeruk nipis, dan lemon. Majboos juga dikenal dengan nama nasi kabsa. 

Photo source: @hawn.qa

3. Thareed

Orang Qatar nggak cuma makan nasi dan gandum, tetapi juga roti. Adalah thareed, hidangan kuliner Qatar yang disajikan bersama roti. Tannour atau roti pipih khas Qatar dengan taburan wijen di atasnya disantap bersama thareed yang berupa rebusan daging, sayuran, dan rempah. Unik!

Photo source: @foodholic101

4. Balaleet

Balaleet berupa bihun goreng dan telur dadar dan memiliki citarasa manis asin. Mie bening dan tipis ini digoreng dengan tambahan telur dadar di atasnya. Sensasi manis asin diperoleh dari rempah-rempah dan bumbu yang dipakai. Sebut aja, kapulaga, kunyit, hingga rempah aromatik seperti saffron dan air mawar. 

Photo source: @eauderoseqa

5. Wareq Enab

Dikenal sebagai hidangan pembuka, wareq enab berasa dari nasi dan potongan daging sapi atau domba yang dibungkus daun anggur. Dalam penyajiannya, wareq enab dihidangkan bersama buah zaitun dan potongan tomat. 

Photo source: @wareqenab

6. Mamoul

Cari camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh atau temen ngemil saat nonton Qatar World Cup? Ada Mamoul, yaitu kue kering dengan kurma yang sering hadir saat momen buka puasa maupun hari raya. Nggak hanya kurma, kacang pistachio kerap jadi isian mamoul dengan sensasi kriuk yang enak.

Photo source: @tea_and_linen

7. Luqaimat

Satu lagi makanan manis dalam kuliner Qatar, yaitu luqaimat. Bentuknya mirip donat kecil-kecil ala Yunani, lukumades. Roti goreng one-bite sized ini selalu disajikan bersama celupan seperti sirup gula atau madu untuk menciptakan sensasi rasa manis yang meledak dalam mulut.

Photo source: @tasteatlas

8. Madrooba

Bubur sebagai lauk? Ada madrooba, sejenis bubur yang berasal dari ayam atau ikan. Setelah ayam atau ikan dimasak selama 2 jam, lalu ditumbuk halus hingga menyerupai bubur. Untuk melengkapi seporsi madrooba, kamu bisa menyantapnya dengan susu atau mentega, maupun roti pipih atau nasi.

Photo source: @rustic_bh

9. Kousa Mahshi

Sekilas bentuknya mengingatkan kamu pada pare isi. Kousa mahshi memakai zucchini, sayuran sejenis terong, yang kemudian diisi dengan daging domba, sayuran, dan nasi. Berkat pemakaian rempah-rempah, hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan aroma harum yang menambah selera makan.

Photo source: @mumsfoodies

10. Saloona

Saloona tampak identik dengan gulai khas nusantara. Selain ayam atau daging lain, ada pula sayuran di dalamnya, seperti wortel, kentang, dan terong. Bercitarasa pedas, saloona cocok banget jadi lauk makan nasi. 

Photo source: @alfanarrestaurant

11. Gahwa

Sejenis kopi ala Arab dengan aroma wangi. Bedanya gahwa dengan kopi biasa adalah kopi arabika ini diolah dengan rempah-rempah, misalnya kapulaga. Secangkir gahwa paling pas dinikmati bersama kurma kering untuk mendapati rasa manis dan pahit yang seimbang. 

Photo source: @afrigahwa

12. Teh Karak

Teh karak selalu hadir saat jamuan atau pertemuan masyarakat Qatar. Teh ini berbahan campuran gula, susu, dan aneka rempah aromatik, antara lain kayu manis, saffron, cengkih, dan kapulaga. Bukan cuma bikin badan hangat, tetapi juga bisa membuat stres mereda, dan badan terasa lebih segar. 

Photo source: @marija_787

13. Khanfaroosh

Khanfaroosh adalah camilan manis mirip pancake, tetapi dengan aroma rempah kuat. Menggunakan campuran gula, tepung beras, bubuk saffron, dan bubuk kapulaga, khanfaroosh biasa disajikan bersama gula bubuk sebagai taburan. Legit dan wanginya khas.

Photo source: @globaldessertsby_slerps

14. Rogag

Rogag juga mirip pancake, tetapi berukuran lebih besar. Jika khanfaroosh tanpa isian, maka rogag berisi daging, sayuran, telur, dan isian lain sesuai favorit pembuatnya. Uniknya, olesan keju atau madu kerap diberikan sebagai penambah citarasa maupun topping. 

Photo source: @cook_house_dz

15. Umm Ali

Dessert ini populer banget di negara-negara Arab dan mudah dijumpai juga di Indonesia. Umm ali mirip puding roti, tetapi memakai puff pastry yang dicampur dengan krim dan susu. Lalu, ditambahkan taburan kacang-kacangan, kurma, dan bubuk kayu manis. Rasanya manis, creamy, dan lembuuutttt sekali! Cocok buat sweet tooth seperti kamu. 

Photo source: @letscooktogether_insta 

Wah, bikin penasaran ya daftar makanan khas Qatar di atas. Kamu paling pengen cobain yang mana?

More in RestaurantTory Recipes >>